Gol Indah Warnai Kemenangan Persebaya Surabaya

By ommed


nusakini.com - Pergantian pelatih di Persiraja Banda Aceh belum memberikan hasil signifikan setelah Laksar Lantak Laju dipaksa menelan kekalahan 2-0 dari Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/10) malam WIB, pada laga pekan kesepuluh Liga 1 2021/22.
Kekalahan dari Persebaya makin membenamkan Persiraja di dasar klasemen sementara sekaligus memperpanjang catatan tanpa kemenangan di tujuh laga beruntun. Sedangkan kemenangan mengangkat posisi Persebaya ke peringkat lima dengan nilai 16.
Persiraja mengambil inisiatif menyerang lebih dulu selepas wasit meniup peluit kick-off. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Persiraja memaksa barisan belakang Persebaya bekerja keras.
Kendati demikian, Persebaya justru yang membuka keunggulan lebih dulu ketika laga baru berjalan delapan menit lewat sebuah gol indah. Menerima sodoran Ricky Kambuaya di sisi kiri pertahanan Persiraja, Alwi Slamat memperdayai Ramadhan, dan masuk ke kotak penalti. Tendangan melengkung Alwi tidak dapat dijangkau kiper Aji Bayu.

Gol cepat ini melecut motivasi pemain Persiraja untuk menyamakan kedudukan. Persiraja mencoba peruntungan dengan tendangan dari luar kotak penalti seperti yang dilakukan Ramadhan di menit ke-15, tapi sepakannya dapat diblok Andhika Ramadhani.
Persiraja tidak henti-henti melepaskan tendangan kanon. Kali ini, giliran Iftiqar Rizal yang mencoba peruntungannya. Andhika kembali melakukan penyelamatan dengan menepis tendangan keras Iftiqar.
Dua menit menjelang babak pertama berakhir, Persebaya memperoleh kans untuk menggandakan keunggulan. Umpan lambung Reva Adi Utama disambut sundulan Jose Wilkson, namun terlalu lemah, sehingga dapat diamankan Bayu Aji.

Persebaya tidak ingin membiarkan Persiraja mengendalikan permainan di awal babak kedua dengan melakukan tekanan ke pertahanan tim tamu. Permainan agresif Bajul Ijo ini membuat sektor belakang Persiraja bekerja keras.
Upaya ini membuahkan hasil setelah mereka sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-51 melalui eksekusi penalti Wilkson. Hadiah penalti diberikan wasit, menyusul pelanggaran heng Hamdan Zamzami ketika berusaha memblok umpan Akbar Firmansyah.
Meski tertinggal dua gol, Persiraja tidak mau menyerah begitu saja. Namun penyelesaian akhir masih menjadi masalah. Di menit ke-64, tendangan keras Leo Lelis dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang.
Persebaya kembali menaikkan irama permainan, dan memberikan ancaman serius di menit ke-73. Akbar melepaskan tendangan keras yang masih bisa ditepis kiper, sehingga belum mengubah kedudukan.

Selang empat menit kemudian, Persebaya nyaris menggandakan keunggulan. Umpan lambung Reva Adi Utama disambut tandukan Johan Yoga Utama, tapi menghajar mistar gawang. Skor 2-0 pun akhirnya menutup pertandingan. (gi/om)